Berita Umum

pengertian java script

40
×

<h1>pengertian java script</h1

Share this article

pengertian java script
pengertian java script


Pengertian JavaScript: Bahasa Pemrograman untuk Aplikasi Web Interaktif

Pengertian JavaScript

Sobat Receh, Apa Itu JavaScript?

Hallo, Sobat Receh! Apakah kamu tahu apa itu JavaScript? Dalam dunia pengembangan web, JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat penting. Dengan JavaScript, kita dapat membuat aplikasi web yang interaktif dan dinamis. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara komprehensif mengenai pengertian JavaScript dan bagaimana kamu dapat menggunakannya dalam mengembangkan aplikasi web yang menarik. Yuk, simak penjelasannya!

Pendahuluan: Apa yang Perlu Kamu Ketahui tentang JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Netscape pada tahun 1995. Meskipun namanya mirip dengan bahasa pemrograman Java, keduanya sebenarnya adalah bahasa yang berbeda. Java adalah bahasa pemrograman yang dirancang untuk mengembangkan aplikasi berbasis desktop atau mobile, sedangkan JavaScript dirancang khusus untuk pengembangan aplikasi web. JavaScript bersifat client-side, yang berarti kode program dieksekusi oleh browser di sisi client, bukan di server.

JavaScript memiliki berbagai fitur yang membuatnya menjadi bahasa yang populer di kalangan pengembang web. Salah satunya adalah kemampuannya untuk memanipulasi dan mengubah konten HTML dan CSS yang ada pada sebuah halaman web. Dengan adanya JavaScript, kita dapat membuat efek animasi, menyisipkan elemen baru, mengubah style, dan masih banyak lagi.

Selain itu, JavaScript juga mendukung pengolahan data dan logika, seperti penggunaan variabel, pengendalian alur program dengan percabangan dan perulangan, serta pemrosesan string dan angka. Dengan komponen-komponen tersebut, kita dapat mengembangkan aplikasi web yang interaktif, seperti formulir yang validasi inputnya, slideshow gambar, atau aplikasi kalkulator.

Untuk menggunakan JavaScript, kita dapat menuliskan kode program JavaScript di dalam tag